-->
RENOVASI DAN PERAWATAN BANGUNAN 021 22323486 / 08561288706 / 082210355355 +62 822 1035 5355 +62 856 1288 706 +62 021 2232 3486
Sabtu, 15 Juli 2017

PERBAIKAN TEMBOK RETAK

Artikel Tempok, Dinding ini kami beri judul Tips Cara Memperbaiki Tembok Yang Retak yang merupakan Artikel Tembok kami yang pertama. Tips Cara Memperbaiki Tembok Yang Retak ini kami bagikan buat anda yang ingin Memperbaiki Tembok Yang Retak di Rumah anda.

pekerjaan dilakukan di rmh bu rossi tanggerang


Tips Cara Memperbaiki Tembok Yang Retak. Berikut ini kami bagikan Tips Cara Memperbaiki Tembok Yang Retak yang bisa anda lakukan untuk Memperbaiki Tembok Yang Retak di Rumah anda. Apabila kita belum terlanjur membangun, kita bisa antisipasi atau mengurangi resiko keretakan dinding dengan beberapa hal berikut ini:

    Pilihlah lokasi tanah yang rata, kuat dan tidak mudah bergerak.
    Hindari membangun rumah di daerah sekitar lereng, bukit, berdekatan dengan arus air sungai, kecuali bila Anda punya struktur dan insinyur teknik yang handal.
    Gunakan bahan bangunan dengan kualitas baik dan juga air yang cukup bersih dan murni.
    Jaga kualitas adukan semen, agar kualitas adukan sama di setiap area.
    Perkuat struktur bangunan Anda, bisa dengan menambah volume pondasi dan menambah besi tulangan untuk struktur sloof.
    Awasi proses pembangunan dengan seksama.
    Pilih pelaksana pembangunan yang handal

Retak Rambut yaitu keretakan yang lebarnya kurang dari 1 mm dan tidak tembus ke sisi dinding lainnya diakibatkan ketidaksempurnaan pada saat finishing dinding, seperti : plesteran dinding yang tidak disiram lebih dulu, komposisi plesteran yang kurang sempurna, plesteran yang belum cukup kering atau kualitas cat dinding yang daya elastisitasnya kurang.
Berikut ini Solusinya:

Kerik atau perlebar bagian retak rambut tersebut untuk mengetahui sejauh mana tingkat keretakannya sehingga pada saat menambal keretakan tersebut masuk sampai kebagian dalam dinding. Kemudian isilah dengan wall filler, amplas setelah benar-benar mengering , lalu lapisi dengan wall sealer sebelum dicat ulang.
Masalah bangunan yang sering kita jumpai adalan keretakan tembok di sudut kusen. Mungkin bagi sebagian orang keretakan tersebut di anggap biasa,tapi sebenarnya ada cara muda untuk mengatasi retak tembok di sudut kusen. Adapun solusi yang saya sebutkan tersebut adalah dengan pengaplikasian nat keramik.

    Ada pun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
    Pastikan bahwa pelebaran keretakan sudah berhenti.
    Ambil paku dan bersihkan celah keretakan tersebut.
    Aplikasikan nat di dalam celah keretakan tembok,usahakan rata dengan permukaan tembok.
    Bersihkan dan amplas untuk memperhalus kerataan dengan permukaan tembok

Retak Struktur, yaitu keretakan yang lebarnya lebih dari 2 mm dan tembus pada sisi dinding lainnya. Hal ini disebabkan karena :

    Penurunan atau pergeseran pondasi akibat daya dukung tanah yang kurang baik atau kurang padat. Hal ini bisa dikarenakan kondisi tanah yang kurang baik atau bisa juga karena perubahan karakterisitik tanah akibat kejadian alam seperti banjir, pergerakan tanah atau gempa.
    Ukuran pondasi yang tidak sesuai dengan beban yang dipikulnya atau kurang sempurnanya pada saat proses pelaksanaan.
    Kerusakan pada kolom (tiang) dan balok misalnya retak atau bengkok, akibat kurangnya jumlah atau ukuran tulangan besi utama dan besi pengikat (sengkang) serta rendahnya kualitas/mutu beton yang digunakan atau kurang sempurnanya pada saat proses pengerjaan sehingga kekuatan beton terhadap tekanan berkurang.

Berikut ini Solusinya:
    Untuk pondasi yang turun buatlah pondasi baru di dekatnya dengan mendeteksi keretakan terparah pada dinding di atasnya. Padatkan tanah di bawah pondasi yang baru dan buatlah kolom/tiang baru untuk membantu penyaluran beban dari sloof dan balok lantai di atasnya.
    Untuk balok yang retak, jika kondisinya memungkinkan perlu ditambahkan kolom/ tiang di bawahnya sehingga penyaluran beban balok menjadi berkurang . Jika tidak memungkinkan maka balok disuntik/digrouting dengan epoxy yaitu cairan kimia khusus yang sifatnya mengikat dan cepat kering kemudian dilakukan pembesaran ukuran balok dengan perkuatan dari luar.
    Untuk kolom/tiang yang retak, buatlah kolom tambahan di dekat tiang yang retak untuk membagi pembebanan pada kolom yang rusak atau dengan memperkuat kolom dengan menyuntik/ meng -grouting dengan cairan epoxy dan memperlebar ukuran kolom/tiang.
    Untuk retak-retak kecil pada kolom dan balok, cukup dilakukan penambahan dengan plesteran agar tulangan besi tidak berhubungan dengan udara luar yang dapat menyebabkan karat.

Keretakan Lantai Keretakan lantai terutama pada lantai 2 ditandai dengan pecahnya keramik diakibatkan keretakan lantai beton dibawahnya. Hal ini bisa diakibatkan gempa, atau kualitas/mutu beton yang tidak memenuhi standar atau bisa juga karena kesalahan teknis pada saat pengerjaan lantai beton misalnya kekeliruan susunan anyaman besi beton, posisi sambungan coran beton atau bekisting/cetakan beton yang dilepas sebelum beton benar-benar mengeras.
Berikut ini Solusinya :

    Untuk lantai beton yang retak, terlebih dulu dengan melepas keramik yang pecah kemudian mengikis retakan, menyuntik / meng-grouting dengan cairan epoxy pada retakan menutupnya dengan plesteran dan memasang keramik kembali.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

Tips pasang toilet wall hung

Proses pemasangan mangkuk toilet yang ditangguhkan adalah sebagai berikut: 1.     Untuk memulai, instalasi dipasang untuk toilet gantu...