-->
RENOVASI DAN PERAWATAN BANGUNAN 021 22323486 / 08561288706 / 082210355355 +62 822 1035 5355 +62 856 1288 706 +62 021 2232 3486
Selasa, 28 Agustus 2018

Tips kebocoran gyfsum


Gypsum sering dipakai untuk menutup bagian dinding, membuat ornament dan hiasan pada pintu dan jendela serta beberapa element yang lain. Namun yang paling sering menggunakan gypsum adalah plafon penutup atap yang ada di dalam ruang. Pemakaian gypsum ini bisa membuat ruang menjadi terlihat lebih bersih dan indah. Namun bahan ini punya kelemahan juga, yaitu bisa terjadi kebocoran. Jika kebocoran ini sering terjadi dan tidak segera diperbaiki akan menjadikan papan gypsum berubah warna menjadi kehitaman dan jamur akan mudah muncul serta tumbuh di tempat itu.Selain itu bagian sambungan bisa menjadi lemah sehingga jika didiamkan terus menerus akan memunculkan efek yang lain yaitu plafon gypsum bisa jatuh atau roboh.




Ada beberapa teknik dan metode yang bisa diaplikasikan dengan cara yang sangat mudah, yaitu :
  1. Pertama pastikan jika kosntruksi atap yang berada di atasnya tidak mengalami kebocoran juga. Lakukan pengecekan dengan cara menyiram atap dengan air yang disemprotkan melalui selang. Dari sini bisa diketahui apakah atap tersebut mengalami kebocoran atau tidak. Jika ada kebocoran dapat diperbaiki dengan cepat.
  2. Cara yang kedua adalah menggunakan gypsum dari jenis waterproof atau water resistance. Jenis gypsum ini mengandung lapisan pelindung sehingga air tidak bisa menembus ke bagian dalam. Memang sedikit lebih mahal, untuk menghemat bias di lakukan dengan memasang pada area tertentu yang rawan terjadi kebocoran / lembab ( ex : kamar mandi).
  3. Bila struktur dan konstruksi atap memakai beton, maka pekerjaan waterproofing perlu dilakauakn gunakan No Drop 107 sebagai pelapis sehingga air pada lantai dua rumah tidak dapat meresap melalui lantai beton.
  4. Untuk atap yang menggunakan kerangka dan konstruksi dari kayu serta penutupnya memakai atap dari genteng, agar tidak terjadi kebocoran bisa dilengkapi dengan pelindung tambahan yang biasanya berupa plastik yang tebal atau triplek. Jika terjadi kebocoran lapisan pelindung ini bisa menahan air agar tidak mengenai plafon gypsum.  Dapat  pula diberi media perlindungan lain yaitu Gunakan No Drop Cat pelapis anti bocor dari Lenkote Paints yang dapat di aplikasikan dengan mudah.

Yang paling penting adalah kita harus dapat menciptakan sistem yang baik agar atap tidak dapat mengalami kebocoran. Karena kebocoran yang  terjadi pada plafon gypsum biasanya bersumber dari kebocoran yang  terjadi pada atap dan airnya mengenai plafon tersebut.


Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

SALON KAMAR MANDI

SALON KAMAR MANDI Kamar Mandi adalah salah satu tempat yg sangat perlu dijaga kebersihannya karena kamar mandi adalah tempat kita untuk memb...